Senin, 27 Maret 2017

Makalah Pengantar Bisnis - Memahami Lingkungan Bisnis

BAB 2
MEMAHAMI LINGKUNGAN BISNIS


    I.        Batasan Lingkungan Organisasi
A.     Batas-Batas Dan Lingkungan Organisasi
Lembaga-lembaga atau kekuatan-kekuatan yang berada diluar organisasi tersebut dan berpotensi mempengaruhi kinerja organisasi.
 Lingkungan Khusus dan Lingkungan Umum
Lingkungan khusus adalah bagian lingkungan yang secara langsung relevan dengan pencapaian sasaran sasaran organisasi tersebut.Komponen-komponen lingkungan khusus :
ü  Pemasok
ü  Pelanggan
ü  Pesaing
ü  Badan-badan pemerintahan
ü  Kelompok-kelompok penekan masyarakat
Lingkungan umum mencakup kekuatan-kekuatan yang mempunyai potensi untuk mempengaruhi organsasi tersebut tetapi yang relevansinya tidak terlampau jelas.Faktor faktor dalam lingkungan umum mencakup :
ü  Faktor ekonomi
ü  Faktor politik
ü  Faktor sosial
ü  Faktor global
ü  Faktor tehnologi
B.     Batas-batas Organisasi
Batas-batas organisasi adalah batas yang memisahkan organisasi darilingkungannya. Tetapi walaupun relative mudah diidentifikasi, batas-batas itu menjadi semakin rumit dansulit untuk ditunjukkan. Perhatikan kasus sederhana pedagang makanan lingkungan kecil yang mencakup wilayah pelanggan eceran, gudang penyimpanan, dan kantor manajer/pemilik. Bagaimana pun juga,batas-batas took bertepatan dengan struktur fisiknya : bila anda berjalan melalui pintu, anda melintasi batas masuk bisnis, dan ketika anda kembali ke trotoar, anda melintasi kembali ke lingkungan.


    II.            Lingkungan Multi-Organisasi
A.   Lingkungan Ekonomi
Lingkungan ekonomi merujuk pada kondisi system ekonomi di tempat organisasi tertentuberoperasi. Operasi Mcdonald AS, misalnya, (saat buku ini ditulis) berlangsung di lingkungan ekonomiyang bercirikan oleh pertumbuhan yang lemah, pengangguran yang sedang, dan inflasi rendah. Factorekonomi semacam itu sering mempengaruhi bisnis melalui berbagai cara. Pengangguran tingkat sedang,  berarti bahwa kebanyakan orang bisa makan di luar, tetapi juga berarti bahwa McDonald’s harus membayar upah lebih tinggi untuk  menarik  karyawan.
Inflasi rendah berarti bahwa McDonald’s membayar harga yang relative konstan untuk pasokannya, namun juga berarti bahwa McDonald’s dibatasi untuk tidak menaikkan harga yang ditagih dari konsumen.Kondisi ekonomi juga penting bagi organisasi non-bisnis. Bila ekonomi lemah, dana untuk universitas negeri bisa turun, dan organisasi amal seperti pasukan penyelamat diminta untuk memberikan bantuan lebih besar pada saat yang sama ketika kontribusi pendapatan mereka turun. Rumah sakit dipengaruhi oleh ketersediaan dana dari pemerintah dan jumlah pasien berpendapatan rendah yang harus mereka rawat cuma-cuma.
Mengingat pentingnya lingkungan ekonomi, kita akan cermat memeriksa kedua tujuan utama darisystem ekonomi AS : pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi. Kita mulai dengan berfokus pada alatyang kita gunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi, termasuk   jumlah output, standar hidup, produk domestic bruto, dan produktivitas. Kemudian kita membahas ancaman utama stabilitas ekonomi, yakni inflasi dan pengangguran. Bagian ini ditutup dengan membahas upaya pemerintah mengelola ekonomi AS dengan maksud untuk memenuhi tujuan ekonomi nasional.

Pertumbuhan Ekonomi
Jumlah Output dan Standar Hidup kita dapat menerapkan konsep yang sama pada system ekonomiAS, namun penghitungannya jauh lebih rumit. Selanjutnya pertanyaan fundamental adalah bagaimana kita mengetahui apakah system ekonomi itu bertumbuh atau tidak ? para pakar menyebut pola pikir naik turun jangka pendek (atau, lebih baik, ekspansi dan kontraksi) dalam ekonomi sebagai siklus bisnis. Ukuran utama dari pertumbuhan dalam siklus bisnis adalah jumlah output : jumlah total barang dan jasa yang diproduksi oleh system ekonomi selama satu periode tertentu.

Tingkat Pertumbuhan Real
GDP dan GNP biasanya berbeda sekitar kurang dari 1 persen, tetapi GDP merupakan metode yang paling banyak di gemari dalam menghitung pendapatan dan output nasional.Berdasarkan tanggapan ini, marilah kita perhatikan kolom tengah table 2.1. di sini kita menemukan bahwa tingkat pertumbuhan nyata GDP AS angka pertumbuhan GDP disesuaikan dengan inflasiperubahan dalam nilai mata uang Negara tersebut adalah 4,1 persen. Apakah angka itu bagus ? ingatlahbahwa pertumbuhan tergantung pada kenaikan output pada tingkat yang lebih cepat dari populasi. Angkapertumbuhan populasi AS adalah 0,91 persen. Oleh karena itu angka pertumbuhan real dari systemekonomi AS, tampaknya cukup sehat, dan standar hidupnya seharusnya meningkat.

GDP Riil
Berarti bahwa GDP yang telah disesuaikan. Untuk memahami mengapa penyesuaian itu perlu, andaikan bahwa pizza adalah satu-satunya produk di sebuah ekonomi hipotetis. Pada tahun 2001, pizza harganya $10; tahun berikutnya, sepotong pizza harganya $11. Dalam kedua tahun itu, tepatnya, 1000pizza diproduksi. Pada tahun 2001,”GDP” lokal adalah $10.000 ($10× 10.000); pada tahun 2002,”GDP” lokal adalah $11.000($11×10.000). apakah ada pertumbuhan ekonomi ? tidak. Karena dalam kedua tahunitu diproduksi 1000 pizza, jumlah outputnya tetap sama. Masalahnya adalah jangan sampai disalah-arahkan supaya timbul keyakinan bahwa perekonomiannya sudah lebih baik. Jika tidak di sesuaikan, GDP local untuk tahun 2000 adalah GDP nominal : GDP yang diukur dalam dolar sekarang atau dengan semua komponen yang dinilai dengan harga sekarang.
Keseimbangan daya beli memberi kita banyak gagasan yang lebih baik tentang apa yang sesungguhnyadapat dibeli orang dengan sumber keuangan yang dialokasikan pada mereka oleh system ekonomimasing-masing.
Neraca perdagangan adalah nilai ekonomis semua produk yang diekspor sebuah Negara dikurangi nilaiekonomi, produk yang diimpor. Prinsipnya cukup sederhana :
·         Neraca perdagangan itu positif bila ekspor sebuah Negara (menjual ke Negara lain) lebih besardari impornya (membeli dari Negara lain).
·         Neraca perdagangan itu negatif bila impor sebuah Negara lebih besar dari ekspor.

Hutang nasional adalah jumlah yang harus dibayar pemerintah kepada kreditornya. Bagaimana hutangnasional ini mempengaruhi pertumbuhan ekonomi ? walaupun pajak adalah cara yang paling jelas bagipemerintah untuk mendapatkan uang, pemerintah juga menjual surat hutang (bonds).
Stabilitas ekonomi tujuan utama dari suatu system ekonomi adalah stabilitas: kondisi di mana jumlahuang yang tersedia dalam system ekonomi dan kuantitas barang dan jasa yang diproduksi didalamnyatumbuh kira-kira pada tingkat yang sama. Faktor-faktor yang menggangu stabilitas yakni, inflansi dan pengangguran.
Inflasi terjadi bila kenaikan harga yang meluas di seluruh system ekonomi. Inflasi terjadi jika jumlahuang yang disuntikkan ke dalam sebuah perekonomian melampaui kenaikan dalam output actual.
Mengukur Inflasi : CPI kita dapat mengukur inflasi dengan mengukur kenaikan harga. Untuk melakukan itu, kita bisa berpaling ke indeks harga seperti indeks harga  konsumen (CPI: consumer priceindex): ukuran dari harga produk-produk tertentu yang di beli oleh konsumen yang hidup di wilayahperkotaan. Pengangguran adalah tingkat tidak adanya pekerjaan bagi orang yang secara aktif mencari pekerjaaandalam suatu perekonomian.

Resesi dan Depresi
Resesi dapat didefinisikan sebagai periode merosotnya jumlah output, seperti yang diukur oleh GDP riil. Resesi yang lama dan berlarut-larut itulah yang disebut sebagai depresi.

Mengelola Perekonomian AS
Pemerintah AS berusaha mengelola system perekonomiannya melalui dua perangkat kebijakan fiskal dan moneter. Pemerintah mengelola pengumpulan dan pengeluaran pendapatannya melalui kebijakan fiscal.
Kenaikan pajak dapat berfungsi sebagai kebijakan fiscal, bukan hanya untuk menaikan pendapatan melainkan untuk mengelola perekonomian juga. Kebijakan moneter berfokus pada pengendalian ukuran penawaran (supply) uang Negara. Pemerintah dapat mempengaruhi kemampuan dan keinginan bank diseluruh Negara untuk meminjamkan uang. Pemerintah dapat juga mempengaruhi penawaran uang denganmenyarankan naik turunnya suku bunga.
Perekonomian Global dalam Abad ke-21 Tiga kekuatan utama yang mengarahkan perekonomian pada decade berikutnya:
1.      Revolusi informasi akan terus berlanjut meningkatkan produktivitas di seluruh sektor perekonomian, terutama diindustri yang bergantung pada informasi seperti keuangan, media,serta perdagangan grosir dan eceran.
2.      Penemuan terobosan teknologi baru pada bidang-bidang seperti bioteknologi akan menciptakanindustri yang sama sekali baru.
3.      Peningkatan globalisasi akan mencipatkan pasar yang jauh lebih besar, selain itu juga membantuperkembangan persaingan yang lebih ketat antar perusahaan global; sebagai hasilnya, perusahaanharus lebih fokus pada inovasi dan penghematan biaya.

B.   Lingkungan Teknologi
Teknologi umumnya mencakup semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka. Teknologi mencakup pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik dan telekomunikasi. Serta berbagai system pengolahan yang digunakan untuk menjalankankegiatam bisnis.

Teknologi Produk dan Jasa
Teknologi barang dan jasa adalah teknologi yang digunakan untuk menciptakan produk baik barang fisik maupun jasa bagi pelanggan. Walaupun banyak orang mengasosiasikan teknologi dengan manufaktoring,teknologi juga merupakan kekuatan yang signifikan dalam sector jasa. Teknologi adalah basis persaingan bagi beberapa perusahaan. Khususnya perusahaan-perusahaan yang bertujuan menjadi pemimpin dalam industri mereka. misalnya, mungkin memusatkan upayanya untuk menjadi produserberbiaya rendah atau selalu memiliki produk-produk yang paling maju secara teknologis di pasar. Tetapi karena langkah perkembangan baru yang cepat, membuat posisi kepemimpinan yang didasarkan pada teknologi semakin menantang. Tantangan lain adalah memenuhi permintaan yang konstan untuk menurunkan waktu siklus-waktu dari awal hingga akhir yang diperlukan perusahaan untuk memenuhibeberapa kegiatan atau fungsi pemulihan.

Teknologi Proses Bisnis
Walaupun tidak begitu banyak digunakan untuk menciptakan berbagai macam produk, teknologiproses bisnis banyak digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan di bidang operasi internal (seperti akuntansi, pengelolaan arus informasi, penciptaan laporan kegiatan, dan lain-lain).
Merencanakan Sumber Daya Perusahaan satu inovasi teknologi bisnis terbaru yang mendapatperhatian kusus adalah perencanaan sumber daya perusahaan atau ERP (enterprise resource planning): system informasi skala besar untuk mengorganisasikan dan mengelola proses perusahaan ditingkat lini produk, departemen, dan lokasi geografis. Proses diseluruh perusahaan seperti manajemenbahan baku, perencanaan produksi, manajemen pemasaran, laporan keuangan semua dapat dikelola oleh ERP

C.   Lingkungan Hukum-Politik
Lingkungan hukum-politik mencerminkan hubungan antara dunia bisnis dan pemerintah,biasanya dalam bentuk peraturan bisnis pemerintah. Itu penting karena beberapa alasan. Pertama, sistemhukum menetapkan hal-hal yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh organisasi. Walaupun AmerikaSerikat pada dasarnya menganut perekonomian pasar bebas, ia masih memilki regulasi utama untuk kegiatan bisnis. Sentiment pro-atau anti-bisnis dalam pemerintah dapat mempengaruhi kegiatan bisnis lebihlanjut. Selama periode sentiment probisnis, perusahaan merasa labih mudah bersaing dan tidak terlalu memperhatikan isu-isu antitrust. Dipihak lain, selama periode sentiment anti bisnis, perusahaan merasakegiatan persaingan mereka lebih dibatasi.

D.  Lingkungan Sosial-Budaya
Lingkungan social-budaya termasuk kebiasaan, adat istiadat, nilai dan karakteristik demografis dari masyarakat di tempat organisasi tertantu beroperasi. Proses social-budaya menentukan barang dan jasa dan juga standar perilaku bisnis yang kemungkinan dinilai dan diterima masyarakat. 

Perilaku Bisnis yang Bertanggung Jawab dan Sesuai dengan Etika
Satu unsur yang sangat penting dari lingkungan sosio-budaya adalah praktik perilaku etika dantanggung jawab sosial. Isu utama dewasa ini berkisar pada fakta bahwa perubahan yang cepat dalamhubungan bisnis, struktur organisasi, dan arus keuangan, telah menimbulkan kesulitan dalam menjagaagar posisi keuangan perusahaan tetap berada pada rel yang benar.

III.        Tantangan dan Peluang yang Muncul di Lingkungan Bisnis
Selain dimensi umum dari lingkungan yang sudah kita bahas, ada sejumlah tantangan yang sedang bermunculan dalam lingkungan bisnis dewasa ini. Dalam bagian ini, kita akan membahas beberapa dari inovasi paling penting dalam cara perusahaan menanggapinya, termasuk outsourcing, pemasaran gaya virus, dan manajemen proses bisnis.

Outsourcing
adalah strategi membayar pemasok dan distributor untuk melaksanakan proses bisnis tertentu atau menyediakan bahan atau jasa yang dibutuhkan. Outsourcing semakin menjadi strategi yang populer karena membantu perusahaan berfokus pada kegiatan inti mereka dan mencegah untuk terperosok ke dalam kegiatan-kegiatan sekunder.
 
Outsourcing versus Intergrasi Vertikal
Outsourcing juga merupakan alasan mengapa integrasi vertical tidak lagi populer seperti dulu. Banyak perusahaan yang pernah memiliki lini pasokan bahan mentah sendiri telah berubah pikiran dan kemudian melakukan outsourcing. Walaupun memiliki pemasok menjamin pasokan yang pasti dari bahan-bahan baku nantinya, kepemilikan itu juga berarti belajar untuk mengelola bisnis pemasok yang biasanya agak berbeda dari bisnis pemilik. Terlalu sering, akhirnya pemilik mengorbankan terlalu banyak sumber daya untuk bisnis pasokan dan terlalu sedikit sumbar daya untuk kompetensi intinya.

Pemasokan Gaya Virus
menggabungkan teknologi dengan metode pemasaran biasanya menghasilkan cara baru untuk menarik pelanggan. Pemasaran gaya virus disebut demikian karena ia menggunakanomongan dari mulut ke mulut yang menyebarkan informasi seperti virus dari pelanggan ke pelanggan,mengandalkan jangkauan dari internet untuk menggantikan komunikasi tatap muka. Pemasaran gaya virus dapat mempercepat kesadaran pelanggan dan memperluas jangkauan dibandingkan dengan media tradisional dan dengan biaya yang lebih rendah. Pemasaran model ini bisa berfungsi karena dua alasan. Pertama, orang mengandalkan internet untuk informasi yang seharusnya didapatkan dari surat kabar,majalah, dan televise. Akan tetapi, yang sama pentingnya adalah unsur interaktif: pelanggan menjadipeserta dalam proses penyebaran omongan dengan melanjutkan informasi ke pengguna internet lainnya.

Manajemen Proses Bisnis
Proses adalah kegiatan apa saja yang menambah nilai pada suatu input, mengubahnya menjadi output bagi pelanggan (baik eksternal ataupun internal). Dalam lingkungan dewasaini, banyak perusahaan beralih dari organisasi yang berorientasi departemen perusahaan yang diorganisasi di sekitar departemen-departemen yang dikelompokkan berdasarkan proses atau fungsi. Perusahaan-perusahaan beralih ke struktur tim yang berorientasi proses yang melintasi batas-batas departemen. Pendekatan ini disebut manajemen proses bisnis.


6 komentar:

Pengantar Bisnis

Pengantar Bisnis Download PPT https://docs.google.com/presentation/d/1bs_Fu-eHGh1wk0_niiKD2k8HneOukK1q90mcGQzV5_4/edit?usp=sharing PPT Ke...